CAPAR, DESAKU TEMPAT TINGGALKU

Posted: 6 October 2013 in Uncategorized

IMG-20130806-00134

Capar, adalah sebuah tempat yang masih terlihat segar dengan pepohonan yang tumbuh di daerahnya. Di tempat ini penduduk biasanya memanfaatkan lahannya untuk menanam pohon Albi dan Kopi karena tanahnya memang cukup subur untuk ditanami kedua tanaman tersebut.
Setiap setahun sekali, yaitu sekitar bulan juni sampai juli penduduk ramai memanen buah kopi hasil tanamannya. Rata-rata setiap penduduk mempunyai lebih dari satu karung kopi untuk dijual atau diolahnya. Setiap tanaman kopi yang dipanen akan dijual ke luar daerah.
Capar merupakan tempat yang bisa dibilang jauh dari keramaian kota. Tapi tempat ini memiliki beberapa keunikan tersendiri, dimana desa ini tepat berada di daerah perbatasan antara jawa tengah dan jawa barat. Sering sekali penduduk desa mengadakan perjalanan menuju jawa barat dengan berjalan kaki dan hanya menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam.munch_2013_07_10_062936
Dalam peta wilayah, Capar termasuk daerah Jawa Tengah. Namun kebudayaan yang dimiliki penduduk adalah kebudayaan yang diambil dari Jawa Barat. Misalnya saja dalam menggunakan bahasa sehari-hari, penduduk menggunakan bahasa Sunda.
Untuk wilayah kabupaten, Capar termasuk wilayah kabupaten Brebes yang terkenal dengan produksi telur asinnya. Sedangkan untuk kecamatan, Capar termasuk kecamatan salem tepatnya di jalan Wali jaenudin.
Daerah Capar merupakan daerah yang termasuk perbukitan, disini kita bisa melihat panorama alam seperti bendungan Malahayu. Selain itu tempat ini juga masih memiliki hutan yang terjaga. Sepanjang jalan menuju tempat ini kita akan melewati hutan pinus yang cukup sejuk, hanya saja untuk menempuhnya kita akan melewati jalan yang berlubang dan terjal.
Menurut para penduduk mengapa desa ini dinamakan desa Capar? Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa Capar itu merupakan sebuah singkatan dari Calon Pariwisata dan suatu hari kelak daerah ini akan menjadi daerah wisata di Kabupaten Brebes.
02082013081

Created by : Anas Khoerulumam

Comments
  1. BISIKAN The GANK (foto terakhir)…..
    BI=bingung dirasakan ILFA
    SI=Sieun (takut) AJI
    EN=kangen dirasakan IMAM (ANAS)
    adalah sebuah perkumpulan pemuda capar yang terdiri dari 3 anggota sekaligus merangkap sebagai ketua, wakil, dan jajarannya…………………….. wkwkwkwk

Leave a comment